MENCARI JATI DIRI ..
MENCARI ILMU DIMANA SAJA ..
KARNA NAMA BAIK LEBIH BERHARGA DARIPADA KEKAYAAN DUNIA ..

Friday, October 17, 2014

User Interface Design



Desain user interface (UI) merupakan pekerjaan pertama dalam tahap desain sistem dari SDLC. Desain user interface sangat penting karena setiap orang menginginkan sistem tersebut mudah dipelajari dan digunakan. 
UI mendeskripsikan bagaimana pengguna berinteraksi dengan sistem computer, dan bagian lainnya seperti hardware, software, screen, menu, function, ouput dan fitur yang mempengaruhi komunikasi antara pengguna dan komputer.


Evolution of the User Interface

Ketika perkembangan sistem lama, analis telah mendesain semua screen output, kemudian berkerja pada input yang diperlukan untuk menghasilkan output. UI terdiri dari screen proses control yang mengijinkan pengguna untuk memberikan perintah ke sistem.

Ketika managemen informasi terlibat dari proses sentralisasi data hingga dinamik, fokus utama sistem enterprise-wide berubah dari IT department ke penggunanya sendiri. Kelompok IT cenderung menjadi penyalur dari teknologi informasi daripada penyalur dari informasi. Sekarang fokus utama terdapat pada pengguna, bagaimana mereka komunikasi dengan sistem informasi, dan bagaimana sistem menunjang operasi bisnis.

Gambar 1 menunjukan UI tradisional sistem informasi processing-centered dengan UI modern sistem user-centered. IT department berubah peranannya yang semula interface langsung dengan pengguna informasi menjadi fasilitator untuk menjaga dan menunjang sistem untuk pengguna. UI modern dengan sistem user-centered, pengguna bekerja dengan beragam data input, output, dan data query yang berinteraksi dengan sistem computer, sehingga UI memegang peranan penting dalam tahap desain agar memudahkan dalam berinteraksi.
Gambar 1: Perbandingan user interface yang tradisional dan modern, perhatikan perubahan peranan IT department.


Human-Computer Interaction (HCI)
UI didasarkan pada prinsip interaksi antara pengguna dan computer (HCI) yang meliputi komunikasi dan instruksi sebagai data input untuk menghasilkan output di tampilan layar atau print. HCI pertama kali dimulai pada tahun 1980 dengan perintah komplek di terminal, kemudian muncul GUI (Graphical User Interface) dimana terjadi perubahan yang signifikan seperti penggunaan icon, graphical object, dan pointing device.
Sebagai analis sistem, anda mendesain UI dalam pengembangan software dan berbagai aplikasi produktif ataupun komersial dimana tujuan utamanya untuk menciptakan desain UI yang mudah dipelajari dan digunakan.

User rights suggested by IBM’s Dr. Clare-Marie Karat

Gambar 2: User rights suggested by IBM’s Dr. Clare-Marie Karat


Penulis: Yusia /Kaleb

Referensi:
[1] Shelly, G.B., Rosenblatt, H.J., Systems Analysis and Design Ninth Edition. Course Technology. 2012. Boston, USA.

0 comments:

Post a Comment

Admin Cikadut's Blog